Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Madura

Lapas Klas IIA Pamekasan Berikan Bantuan Bilik Sterilisasi Corona ke Masjid Agung Asy-Syuhada

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pamekasan memberikan bantuan bilik sterilisasi Covid-19 ke Masjid Agung Asy-Syuhada, Rabu (1/4/2020).

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Bilik sterilisasi Covid-19 yang diberikan Lapas Klas IIA Pamekasan ke Masjid Agung Asy-Syuhada yang berada di depan pintu masuk masjid, Rabu (1/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pamekasan memberikan bantuan bilik sterilisasi Covid-19 ke Masjid Agung Asy-Syuhada, Rabu (1/4/2020).

Bantuan yang diberikan oleh Lapas Klas IIA Pamekasan adalah bentuk antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Bilik sterilisasi Covid-19 ini diperuntukkan bagi para tamu atau pun Takmir Masjid Agung Asy-Syuhada yang akan memasuki lingkungan masjid.

Sebelum memasuki pintu utama, seluruh pengurus Masjid Agung Asy-Syuhada atau pun tamu yang hendak salat, terlebih dahulu diwajibkan mencuci tangan pada sarana yang telah disediakan oleh pengurus masjid.

Setelah itu, memasuki bilik sterilisasi untuk disemprot menggunakan cairan khusus.

UPDATE COVID-19 di Jatim pada Rabu 1 April 2020: Kasus Positif Tembus 103, Sembuh 22 Orang

Tangani Virus Corona, Pemkot Surabaya Lakukan Refocusing Anggaran

Bupati Baddrut Tamam dan Wabup Pamekasan Raja’e Hibahkan Seluruh Gajinya untuk Relawan Covid-19

Kepala Lapas Pamekasan, M. Hanafi mengatakan, bantuan bilik sterilisasi Covid-19 ini diberikan pihaknya ke Masjid Agung Asy-Syuhada untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dengan disediakannya bilik sterilisasi Covid-19 tersebut, pihaknya mengaku sebagai langkah serius untuk ikut andil dan berperan dalam menanggapi pandemi Covid-19.

“Guna mencegah penyebaran virus agar tidak masuk ke lingkungan Masjid Agung Asy-Syuhada jadi kita memberikan bantuan bilik sterilisasi ini," kata M. Hanafi kepada TribunMadura.com.

"Di masjid ini, saat saya tanya juga sudah menyediakan sabun untuk mencuci tangan, atau Hand Sanitizer, selanjutnya siapa pun yang akan masuk ke Masjid Agung ini harus melewati bilik sterilisasi yang kami berikan,” tambahnya.

Selain itu, Hanafi mengungkapkan, bantuan bilik sterilisasi ini pihaknya berikan sebagai langkah preventif yang merupakan bagian dari upaya untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di lingkungan Masjid Agung Asy-Syuhada.

Alasan Madura FC Sertakan Asisten Pelatih Lokal Asal Sumenep pada Jajaran Tim Pelatih

6.769 Orang di Bangkalan Berstatus ODR Covid-19, Berikut Prosedur Isolasi Mandiri dari Dinkes

106 Santri Ponpes Nurul Jadid Pulang Kampung ke Pamekasan, Satu Santri Dinyatakan ODP, Ini Gejalanya

“Kami berinovasi membuat bilik sterilisasi sendiri dengan sumber daya yang ada. Yang jelas kami melakukan semua usaha terbaik untuk mencegah masuknya virus corona yang penyebarannya cukup cepat," ujarnya.

Menurut Hanafi, keberadaan Masjid Agung Asy-Syuhada ini memiliki peran penting dalam peradaban Islam.

Masjid tersebut bukan hanya sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai pusat kegiatan keislaman.

"Yang terpenting dalam menghadapi situasi yang seperti sekarang ini, kita mesti istiqamah dan ikhlas melaksanakan imbauan pemerintah, meskipun hanya berdiam di rumah misalnya sebagai bentuk rasa kepedulian," pintanya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved