New Normal di Blitar

Jelang New Normal, Wali Kota Blitar Menyuruh Pedagang Tutup Lapaknya Jika Tak Pakai Masker

Wali Kota Blitar, Santoso menggelar inspeksi mendadak terkait penggunaan masker di sejumlah pasar tradisional, Selasa (2/6/2020).

TRIBUNMADURA.COM/SAMSUL HADI
Wali Kota Blitar membagikan masker ke pedagang saat sidak di Pasar Pon, Selasa (2/6/2020). 

TRIBUNMDURA.COM, BLITAR - Wali Kota Blitar, Santoso menggelar inspeksi mendadak terkait penggunaan masker di sejumlah pasar tradisional, Selasa (2/6/2020).

Inspeksi mendadak kalini ini sengaja digelar untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 saat menghadapi new normal life atau normal baru.

Wali Kota bersama Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard Sinambela, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, dan sejumlah kepala OPD mendatangi tiga pasar tradisional di Kota Blitar.

Yaitu, Pasar Legi, Pasar Templek, dan Pasar Pon.

Dalam sidak itu, Wali Kota masih mendapati beberapa pembeli dan pedagang yang tidak memakai masker. Wali Kota memberi teguran kepada pembeli dan pedagang yang tidak memakai masker.

Lion Air Kembali Terbangkan Penumpang Mulai 1 Juni 2020, Berikut Beberapa Syarat Calon Penumpang

29 TKI Sampang Tiba dari Malaysia, Langsung Diperiksa Suhu Tubuh di Posko Covid-19 Jembatan Timbang

PSBB Malang Raya Berakhir, Dishub Kota Malang Kembali Operasionalkan Bus dan Terminal

"Masih ada beberapa yang tidak pakai masker. Untuk sementara, mereka kami peringatkan untuk pakai masker. Kami juga membagikan bantuan masker kepada masyarakat," kata Santoso.

Dikatakannya, secara bertahap, Pemkot Blitar akan menertibkan pedagang yang tidak pakai masker. Ke depan, Pemkot akan menyuruh pedagang tutup tidak berjualan kalau tetap tidak memakai masker.

"Secara bertahap akan kami tertibkan, kami akan memberi sanksi kepada pedagang yang tidak pakai masker. Mereka tidak boleh jualan kalau tidak pakai masker," ujarnya.

Menurut Santoso, penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 secara ketat penting untuk menghadapi kehidupan normal baru di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Selain pakai masker, masyarakat tetap diminta menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Hari Pertama Masa Transisi, Ada Banyak Pelanggaran di Malang, Forkopimda: Bayi Wajib Pakai Masker

Hadapi New Normal, Pemkot Blitar Siapkan Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Pencegahan Covid-19

9 Petani di Kota Batu Positif Covid-19, Sehari Ada 12 Orang Terkonfirmasi Corona di Desa Giripurno

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard Sinambela meminta masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di ruang publik.

Protokol kesehatan di ruang publik yang utama, yaitu, pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Dia juga meminta pengelola tempat publik untuk menyiapkan protokol kesehatan menghadapi penerapan kehidupan normal baru. 

"Tiap hari kami gencar melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan saat di tempat publik," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved