Berita Sumenep

Mahasiswa UTM Sulap Daun Sirih Jadi Hand Sanitizer, Bagikan Produk Buatannya ke Warga Sumenep

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) membuat cairan cuci tangan atau hand sanitizer dari daun sirih.

freepik.com/sema_srinouljan
daun sirih - Mahasiswa UTM Sulap Daun Sirih Jadi Hand Sanitizer, Bagikan Produk Buatannya ke Warga Sumenep 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 102 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) membuat cairan cuci tangan atau hand sanitizer dari daun sirih.

Pengabdian pada Masyarakat ini, sebagai Satgas Covid-19 UTM yang bertempat di Desa Cabbiya, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep dan didampingi oleh Dosen Pembimbing, Farid Ardyansyah.

Salah satu peserta Kelompok KKN 102 UTM saat ditemui TribunMadura.com menuturkan, sesuai dengan program yang mereka ambil yaitu KKN Satgas Covid-19 UTM. Maka sebagai tugas individu di masa pandemi virus corona ini pihaknya menciptakan daun sirih menjadi hand sanitizer.

Pemkot Surabaya Bantah Kabar Lahan Makam Khusus Covid-19 Corona Penuh, Baru Dipakai Seperempatnya

Sosok Sultan Jember, Wanita yang Hampir Tipu Anang Ashanty atas Pembelian Rumah, Bukan Warga Jember?

Ada 6 Kasus Baru Virus Corona Ditemukan, Klaster Persekutuan Doa Sumbang 8 Pasien Covid-19 di Kediri

"Sebagai tugas pengabdian pada Masyarakat, pembuatan hand sanitizer dari bahan herbal daun sirih. Alasannya memang ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat guna untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19," kata salah satu Kelompok KKN 102 UTM di Desa Cabbiya, Khairani Wijayanti, Sabtu (18/7/2020).

Menurutnya, proses pembuatan hand sanitizer oleh mahasiswa jurusan Akuntansi semester 6 ini dilakukan selama satu hari dari mencari bahan hingga pengolahannya.

"Proses pembuatannya cukup mudah, yakni daun sirih di cuci bersih lalu dikeringkan. Setelah itu potong daun sirih berbentuk kecil-kecil kemudian rebus hingga mendidih dan setelah mendidih lalu rendam, lakukan proses steam pada air yang telah dicampur dengan daun sirih," terangnya.

Setelah itu kata Khairani Wijayanti, gunakan api kecil pada proses steam selama 30 menit terakhir, saring hasil steam masukkan ke botol dan hand sanitizer ekstrak daun sirih itu siap digunakan.

"Kelebihan dari hand sanitizer ini selain bahan yang mudah didapat proses pembuatannya, juga sangat mudah jadi bisa dibuat dirumah tanpa harus beli mahal-maha," terangnya.

pemberian hand sanitizer dari daun sirih kepada warga Desa Cabbiya, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Sabtu (18/7/2020).
pemberian hand sanitizer dari daun sirih kepada warga Desa Cabbiya, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Sabtu (18/7/2020). (TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA)

Waspada Kandungan Methanol dalam Produk Hand Sanitizer, Ada Bahaya Mengintai Bagi Para Penggunanya

3 Masalah Kulit yang Rentan Terjadi pada Masa Pandemi Covid-19, Perhatikan Penggunaan Hand Sanitizer

Ditanya mengapa pilih daun sirih terswbut, menurutnya karena daun sirih sendiri di Desa Cabbiya, Kecamatan Talango ini banyak ditumbuhi daun sirih.

"Selain itu karena memang sejak dulu daun sirih dipercaya sebagai bahan herbal yang mengandung antiseptik dan etanol," katanya.

Bahkan katanya, dengan pengolahan yang baik dan benar, daun sirih mampu menjadi hand sanitizer tanpa bahan alcohol dan praktis bagi kehidupan sehari-hari.

"Setiap keluarga bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa harus membeli di apotek atau toko yang kini stoknya sedkit dan harga yang sangat mahal," katanya.

Kegiatan pengabdian msyarakat di Desa Cabbiya ini bekerjasama dengan Kepala Desa setempat dalam program kerja pembagian hand sanitizer di tempat - tempat.

"Bagus itu ide yang kreatif, selain bermanfaat untuk anti septik bahannya itu mudah ditemui di Desa kami ini," kata Pj Kades Cabbiya, Rahmad.

Rahmad harap, dengan pembagian handsanitizer ini akan membuat Masyarakat lebih peduli terhadap bahaya penyebaran covid-19 dan disiplin mengikuti protocol kesehatan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved