Breaking News:

Berita Sampang

Tingkatkan Minat Baca Siswa, Komunitas Tale Dirikan Taman Baca Swadaya di Dusun Nangger Sampang

Komunitas Tale di Dusun Nangger, Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura mendirikan taman baca secara swadaya di tengah pandemi.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Anak-anak Dusun Nangger, Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang sudah mulai membaca meskipun taman baca buatan Komunitas Tale belum sepenuhnya rampung, Rabu (23/7/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG – Para pemuda yang tinggal di Dusun Nangger, Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura mendirikan taman baca secara swadaya di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan literasi warga setempat terutama bagi para siswa yang saat ini menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah.

Namun, taman baca yang dibuat oleh para pemuda yang mengatasnamakan Komunitas Tale (Tanian Lembung) tersebut saat ini belum sepenuhnya rampung.

BTS akan Muncul di SCTV 29 Juli 2020, Ini Deretan Idol Kpop yang Pernah Manggung di TV Indonesia

Satpol PP Kota Kediri Gerebek Pesta Miras di Taman Alun-alun, 4 Orang Pelaku Diamankan

Para pemuda yang tinggal di Dusun Nangger, Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura mendirikan taman baca secara swadaya ditengah pandemi Covid-19.
Para pemuda yang tinggal di Dusun Nangger, Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura mendirikan taman baca secara swadaya di tengah pandemi Covid-19. (TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA)

Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis 23 Juli 2020, Kabupaten Sumenep Madura Diprediksi Cerah Berawan

Kumpulan Ucapan Hari Anak Nasional Indonesia 2020 Versi Guru & Orang Tua, Bisa Dibagi di WA, FB & IG

Pemkot Surabaya akan Gelar Razia Jam Malam Mulai Hari Kamis hingga Sabtu, Serentak di 31 Kecamatan

Berdasarkan pantauan TribunMadura.com, Komunitas Tale melakukan berbagai macam usaha agar anak-anak dusun setempat dapat membaca buku yang telah disediakan.

Ketua sekaligus pendiri Komunitas Tale, Fauzi (25) mengatakan, inisiatif ini berangkat dari kegelisahan sejumlah pemuda setempat lantaran menilai kurangnya minat baca dari kalangan pemuda dan anak-anak di tempat tinggalnya.

Hal itu ia buktikan setelah mengamati bersama reka-rekan Komunitas Tale sebelumnya, bahwa para pemuda dan anak-anak lebih suka memainkan gadgetnya masing-masing, seperti memainkan game online dan sebagainya.

“Kami tidak mau para pemuda dan anak-anak di Dusun Nangger termakan oleh dampak negatif di era moderenisasi, kami khawatir nantinya akan berpengaruh terhadap pengetahuan dan hidup bersosialnya,” ujarnya kepada TribunMadura.com, Kamis (23/7/2020).

Maka dari itu, pihaknya berinisiatif mendirikan Komunitas Tale dan mencoba memberikan perubahan baru dengan membuat taman baca di salah satu tanah kosong milik rekannya.

Pria lulusan Universitas Trunojoyo Madura, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia itu juga akan berencana akan mengajak para pemuda setempat untuk berkreatif dengan menciptakan karya flim pendek.

“Kami tetap mengupayakan isi flim harus berunsur sastra lisan dari Dusun Nangger agar menjaga identitas kami, sedangkan Untuk hasil flimnya akan kami share di youtube,” terang Fauzi.

Wabup Sumenep Achmad Fauzi Dapat Serban Putih dari Pengasuh Ponpes Annuqayah KH Abd Muqsith Idris

Kejari Sampang Kembalikan Uang Negara Rp234 Juta Hasil Korupsi Proyek Pembangunan RKB SMP 2 Ketapang

Acara Pernikahan dengan Konsep New Normal di Surabaya Mulai Diterapkan, Kini Masyarakat Kooperatif

Lebih lanjut, melalui Komunitas Tale akan mengadakan lomba dalam memontum perayaan Hari Kemerdekaan RI pada bulan Agustus mendatang.

“Untuk lombanya tetap berbau permainan anak desa seperti, bantengan agar tetap membudaya di era moderenisasi,” ucapnya.

Fauzi berharap dengan adanya Komunitas Tale mampu memberikan perubahan terhadap dusun sekaligus desa melaui sentuhan peningkatan literasi dan karya kepada pemuda dan anak-anak setempat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved