Breaking News:

Berita Sampang

Dispendukcapil Sampang Cetak 23 Ribu KIA Selama 2020, Covid-19 Dinilai Jadi Penghambat Pencetakan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang sudah mencetak 23 ribu Kartu Identitas Anak (KIA) di tahun 2020.

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Ruang pelayanan Dispendukcapil Sampang, Jalan Kusuma Bangsa Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Berdasarkan peraturan dari Pemerintah Pusat, setiap penduduk Indonesia harus memiliki kartu identitas diri, begitupun bagi penduduk di bawah usia 17 tahun (anak-anak).

Dengan memenuhi aturan tersebut pemerintah pusat menggagas Kartu Identitas Anak (KIA) sejak tahun 2016.

Pemerintah menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang sudah mencetak 23 ribu Kartu Identitas Anak (KIA) di tahun 2020.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Sumenep Minta PT Pertamina Sosialisasikan Program Lagit Biru (PLB)

Namun, jika dibandingkan dari jumlah penduduk di bawah usia 17 tahun di Kota Bahari, jumlah pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) masih terbilang jauh untuk memenuhinya.

Pelaksana Tugas (Plt) Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto mengatakan, bahwa pencetakan KIA sudah dilaksanakan pada awal 2019 dan hasilnya ada 23 ribu Kartu Identitas Anak (KIA).

"Sampai tahun 2020 ini kami sudah mencetak 10 persen dari jumlah penduduk usianya di bawah 17 tahun yakni, mencapai 250 ribu jiwa," ujarnya kepada TribunMadura.com, Minggu (22/11/2020).

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid-19 memang menjadi kendala dalam melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sebab, pihaknya tidak bisa menjalankan program jemput bola.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved