Breaking News:

Virus Corona di Jawa Timur

PPKM Skala Mikro di Jawa Timur, Ada 210 Wilayah dengan Status Zona Merah Covid-19 Tingkat RT

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa PPKM mikro akan dilaksanakan per hari ini, Selasa (9/2/2021) di 38 kabupaten kota di Jawa Timur.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUD Syamrabu didampingi Bupati Bangkalan RK Abdul Latif Amin Imron, Senin (8/2/2021) 

Reporter: Fatimatuz Zahroh l Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa PPKM mikro akan dilaksanakan per hari ini, Selasa (9/2/2021) di seluruh 38 kabupaten kota di Jawa Timur.

PPKM mikro akan digelar hingga 22 Februari 2021 mendatang dan skalanya berbasis RT. Dengan skala pembatasan yang semakin kecil,  ia berharap signifikansi PPKM untuk menekan laju penyebaran Covid-19 bisa terwujud. 

"PPKM berskala mikro diterapkan di seluruh kabupaten kota, basisnya mikro, basisnya adalah RT. Jadi prinsip basisnya mikro sekali. Poskonya ada di desa, karena ini kaitannya dengan update data dan dinamika di masing-masing desa," tegas Khofifah usai rapat dengan Forkopimda.

Seorang Penjual Bunga Tewas Terseret Arus Saluran Air Sejauh 100 Meter di Sukorejo Kota Blitar

Ramalan Shio Selasa 9 Februari 2021, Hari yang Baik Bagi Shio Tikus, Shio Naga, Shio Ular, Shio Kuda

Momen Berkesan Kiper Madura United Muhammad Ridho Dampingi Istri yang Hamil Muda di Tengah Pandemi

Mulai dari Rp 1 Jutaan, Ini Daftar Harga HP Samsung Galaxy A02s, Galaxy M31 hingga Galaxy S20 Ultra

Lebih lanjut ia menyebutkan, Jatim telah memiliki best practice Kampung Tangguh Semeru, dimana format PPKM mikro yang basisnya adalah partisipasi masyarakat, sangat mirip dengan apa yang telah dilakukan di kampung tangguh. 

Sehingga ia yakin bahwa bupati dan walikota di seluruh Jawa Timur telah memiliki referensi yang tepat dalam PPKM Mikro ini.

"Malam tadi kita sudah koordinasi dengan bupati  walikota lengkap dengan forkopimdanya. Untuk melakukan persiapan dan evaluasi bagaimana pelaksanaan PPKM berskala mikro secara umum," ucap Khofifah.

Pelaksanan PPKM mikro ini berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021.

PPKM Mikro diharapkan bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 secara lebih efektif.

"Pemetaan dari Polda, kalau tingkat RT yang masuk zona merah ada 210 titik. Yang masuk zona oranye 1.245 titik, yang masuk zona kuning 10.023 titik, dan yang hijau 81.730 titik. Itu di 38 kabupaten kota. Maka koordinasi koordinasi dengan bupati dan walikota penting untuk membrikdown lebih detail terkait zonasi ini," tegasnya.

Untuk bisa melakukan PPKM  supaya efektif, dari rapat dengan kepala daerah, jika dilakukan rapid test antigen per kabupaten kota, ternyata hasilnya diketahui 50 persen yang masuk ke daerah tersebut rata-rata adalah orang luar daerah. Sehingga jika tidak dinatasi secara keseluruhan maka bisa jadi, yang terjadi adalah pembatas yang tidak efektif.

"Jadi semua membatasi dengan kriteria tertentu, waktu tertentu, persentase tertentu, area tertentu sehingga efektifitas PPKM skala mikro ini bisa lebih signifikan," tegasnya.

Besok Kamis, ditegaskan Khofifah, Forkopimda Jatim akan menggelar apel guna mendetailkan koordinasi dan semangat PPKM berskala mikro sebagai sarana menurunkan kasus Covid-19 di Jawa Timur, meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian.

Dan yang tak ketinggalan meningkatkan ketertiban masyarakat terhadap protokol kesehatan.

TRAGIS Balita Disiksa Pacar Ibunya, Kondisi Tubuh Memprihatinkan, Mencolok di Wajah, Pelaku Diburu

MIRIS Kakek Disiram-Dicakar karena Bersin Tanpa Masker di Depan Kios, Anak Sakit Hati: Dia Orang Tua

Istri Kedua Tergoda Rayuan Teman Anak Tiri, Juragan Bengkel Syok Lihat Video Intim, Endingnya Fatal

BNI Cabang Pamekasan Berikan Reward Kartu Combo untuk 12 Agen46 yang Lakukan Transaksi Tertinggi

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved