Breaking News:

Berita Jawa Timur

Penyekatan Mudik di Jawa Timur, Begini Nasib Warga yang Berhasil Mudik saat Tiba di Kampung Halaman

Sebanyak 9.800 orang personel gabungan disiagakan untuk melakukan penyekatan dalam tujuh rayon di Jawa Timur.

TRIBUNMADURA.COM/BENNI INDO
Petugas Satlantas Polres Batu memeriksa kendaraan dengan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dari Surabaya di Pos Polisi Pendem, Selasa (4/5/2021) 

Reporter: Luhur Pambudi | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Sebanyak 9.800 orang personel gabungan disiagakan untuk melakukan penyekatan dalam tujuh rayon selama 12 hari berlakunya larangan mudik Lebaran 2021 di Jawa Timur.

Ribuan orang personel gabungan itu datang dari institusi Polri, TNI, dan jajaran samping kedinasan Pemprov Jatim.

"Dibantu stakeholder lain dengan instansi terkait," ujar Direktur Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol M Latif Usman pada awak media di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (5/5/2021).

Kombes Pol M Latif Usman mengatakan, jika terdapat pemudik yang nekat melakukan perjalanan memanfaatkan jalur alternatif seperti jalan tembus atau jalur tikus hingga mampu tiba ke lokasi tujuannya, hal itu dipastikan melanggar aturan larangan mudik Lebaran 2021.

Ia menuturkan, di situlah peran adanya Satgas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang terdapat di masing-masing daerah.

Baca juga: Tempat Wisata di Jawa Timur Dibuka, Pengunjung yang Bukan dari Satu Wilayah Rayon Diminta Kembali

Pemberlakuan sanksi yang berorientasi pada penegakan protokol kesehatan, seperti kewajiban mengikuti mekanisme isolasi mandiri, bakal menjadi kewenangan petugas PPKM mikro tersebut.

"Kalau sampai nanti lolos ke tempat dia tinggal PPKM mikro yang akan bergerak betul, mengamankan betul, orang itu harus diisolasi betul di tempat PPKM Mikro itu," jelasnya.

Latif menambahkan, orang dalam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi harus memiliki surat izin dari instansi terkait; pemerintahan.

"Maupun apabila meraka pribadi ada kegiatan urgen kepada kepala desa. Mereka harus membawa surat bebas Covid-19," tutur dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved