Breaking News:

Berita Sampang

Kemendagri Keluarkan SE Penundaan Pilkades Serentak se Jawa-Bali, Begini Komentar DPMD Sampang

Kemendagri mengeluarkan Surat Edaran tentang Penundaan Pilkades Serentak dan Pemilihan Antar Waktu se Jawa-Bali selama PPKM Darurat.

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Sampang, Irham Nurdayanto saat ditemui di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Madura, Kamis (7/1/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran tentang Penundaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dan Pemilihan Antar Waktu (PAW) se Jawa-Bali selama PPKM Darurat.

Berdasarkan surat tertanggal 5 Juli 2021 yang ditujukan pada Bupati atau Wali Kota dan Pelaksana Pilkades Serentak se Jawa-Bali itu terdapat beberapa poin.

Di antaranya berkaitan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di wilayah Jawa-Bali.

Melalui Kabid Bina Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Irham Nurdayanto, mengatakan bahwa surat tersebut diterima oleh instansinya setelah pengumuman Jadwal Pilkades di Sampang digelar serentak 2025 pada (5/7/2021).

“Tanggal surat 5 Juli 2021, tapi kami baru menerima surat ini setelah melakukan pengumuman Jadwal Pilkades serentak di Kabupaten Sampang kemarin,” ujarnya.

Dijelaskan, beberapa poin dari Surat tersebut berisi tentang menghentikan atau menunda segala bentuk tahapan Pelaksanaan Pilkades serentak se wilayah Jawa dan Bali selama pemberlakuan PPKM Darurat.

Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan yang bisa berakibat fatal dalam penyebaran Covid-19.

"Disebutkan pada poin (a) bahwa tahapan Pilkades dan PAW yang menimbulkan kerumunan seperti, nomor urut, ujian tertulis, kampanye calon, maupun pelantikan Kepala Desa terpilih selama PPKM Darurat Jawa-Bali,” terangnya.

Sehingga, menurutnya bagi daerah yang sudah menggelar Pilkades tidak boleh melakukan pelantikan Kepala Desa terpilih.

“Untuk kebijakan ini sampai batas waktu yang belum ditentukan,” pungkasnya.

Simak artikel lain terkait Kabupaten Sampang, Madura, PPKM Darurat

FOLLOW JUGA:

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved