Breaking News:

Wabah Virus Corona

Inilah Pasien Covid-19 yang Boleh Isolasi Mandiri di Rumah, Tak Perlu Dirawat di Rumah Sakit

Ada beberapa pasien Covid-19 yang dapat menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
SHUTTERSTOCK/irem01
ILUSTRASI - pasien Covid yang boleh isolasi mandiri di rumah 

TRIBUNMADURA.COM - Tidak semua pasien Covid-19 harus dirawat di rumah sakit.

Ada beberapa pasien Covid-19 yang dapat menjalani perawatan atau isolasi mandiri.

Meski begitu, tidak semua kategori pasien Covid-19 juga boleh dirawat dan isolasi mandiri di fasilitas isoman yang telah disiapkan pemerintah setempat ataupun di rumah saja jika memungkinkan.

Dokter spesialis paru dari RSUP Persahabatan Dr dr Erlina Burhan M.Sc SpP(K) mengatakan, pasien Covid-19 yang diperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri adalah pasien tanpa gejala dan bergejala ringan.

Konfirmasi positif itu bisa dilihat dari hasil tes PCR yang dilakukan pasien.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Inilah 3 Gejala Covid-19 yang Penting Diperhatikan Agar Mendapat Perawatan Sesuai

"Saya positif Covid-19, apakah saya dapat isolasi mandiri saja? Ya, jika hasil tes PCR positif, tanpa gejala atau bergejala tapi tanpa sesak napas," kata Erlina saat memaparkan materinya dalam diskusi daring bertajuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 untuk Awam, Jumat (2/7/2021).

Sedangkan, pasien konfirmasi positif Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat, maka tidak diperbolehkan hanya isolasi mandiri saja dan harus rawat inap di rumah sakit.

Misalnya, pasien mengalami sesak napas bahkan lebih bernapas lebih dari 24 kali dalam satu menit, dan saturasi oksigen rendah di bawah 94 persen.

Adapun, berikut persyaratan yang harus diingat untuk dapat menentukan apakah Anda termasuk pasien Covid-19 yang dapat melakukan isolasi mandiri di rumah?

Erlina berkata, selain persoalan infeksi tanpa gejala maupun bergejala ringan, ada syarat isolasi mandiri yang utama lainnya yang penting diperhatikan, yakni sebagai berikut.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved