Breaking News:

Berita Surabaya

Punya Pasien Isoman di Rumah? Sediakan 3 Alat Kesehatan ini sebagai Pertolongan Pertama saat Darurat

Tiga alat kesehatan ini bisa menjadi pertolongan pertama. Terutama bagi pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
freepik.com
Oximeter 

Laporan Wartawan Tribun Madura Network, Akira Tandika 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Adanya varian baru Covid-19 menjadikan kita harus lebih waspada dengan penyebaran virus corona.

Karenanya, protokol kesehatan dan penggunaan masker dua lapis harus tetap dilaksanakan saat kita beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, tidak ada salahnya kita untuk memiliki beberapa alat kesehatan yang dapat menjadi pertolongan pertama. Terutama bagi pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

Spesialis Penyakit Dalam RS Manyar Medical Centre, dr Irene Saveria Sp PD mengatakan, alat-alat ini dapat menjadi pertolongan pertama, terutama untuk pasien isoman, di antaranya oxymeter, termometer, dan tensi meter.

1. Oximeter

Alat ini berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen pasien.

Cukup diselipkan di jari, oximeter akan bekerja menghitung jumlah saturasi yang dimiliki pasien.

"Apabila menunjukkan angka di bawah 95 persen, maka pasien bisa mencoba teknik proning untuk meningkatkannya kembali," kata dia.

"Namun, apabila sudah menunjukkan angka di bawah 85 persen, pasien harus dipasangkan tabung oksigen atau segera menghubungi pihak rumah sakit," terang Irene.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved