Breaking News:

Ingat 4 Barang Ini Tak Boleh Dibuang Sembarangan, Bisa Bahayakan Lingkungan Hidup

Bila tidak maka akan merusak lingkungan hidup dan membahayakan kita sendiri Karena, tidak semua benda yang tidak lagi berguna dapat dibuang sembarang

Editor: Samsul Arifin
altus.mif.il
ilustrasi sampah plastik 

TRIBUNMADURA.COM - Sampah menjadi masalah besar bila tidak diolah dengan seharusnya. Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk menyeleksi sampah sebelum dibuang.

Bila tidak maka akan merusak lingkungan hidup dan membahayakan kita sendiri. Karena, tidak semua benda yang tidak lagi berguna dapat dibuang begitu saja.

Sebab, beberapa barang tersebut bisa sangat beracun dan berdampak buruk bagi lingkungan apabila tidak ditangani dengan benar. Dilansir melalui Kompas.com dari Bright Side, Rabu (1/12/2021), berikut empat benda yang tidak boleh dibuang sembarangan. 

Baca juga: Sampah di Pasar Anom Semrawut Bau Tak Sedap Menyengat, Pengelola Janji Atasi dalam Waktu Dekat

1. Korek Api Gas

Sesuai dengan namanya, korek api gas mengandung gas yang berfungsi menghasilkan api melalui mekanisme gesekan.  Gas yang terdapat pada korek api gas berbahaya bagi lingkungan sehingga tidak dapat dibuang sembarangan.

Jadi, sebaiknya cari tempat khusus untuk menangani sampah jenis ini. Setelah membuangnya, beli korek api gas yang dapat diisi ulang untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Selain membuanganya, korek api gas juga tidak boleh disimpan sembarangan, terlebih bila tempat penyimpanan terkena suhu tinggi. Sebab, suhu yang tinggi bisa membuat korek api gas meledak. 

2. Kosmetik 

Meski sebagian besar kemasan kosmetik atau makeup terbuat dari kaca dan plastik, isinya mungkin tidak dapat didaur ulang dan tidak ramah lingkungan.  Selain itu, ada banyak kosmetik yang mengandung zat berbahaya, baik bagi kesehatan maupun lingkungan. 

Baca juga: Kritik Dedi Mulyadi saat Bersihkan Sampah, Mahasiswa ini Ramai Dihujat, Sikap Kang Dedi Disorot

Itulah sebabnya pemerintah telah mengambil langkah-langkah mengatur penggunaan beberapa bahan yang aman dalam pembuatan kosmetik. Cara terbaik adalah mengganti produk kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak berbahaya bagi kulit serta lingkungan. 

3. Cat 

Beberapa produk cat di pasaran mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi lingkungan seperti timbal.  Itulah mengapa penting tidak membuang wadah yang masih berisi cat atau sisa cat di tempat sampah biasa. Cara terbaik adalah membuang sisa cat ke lembaga yang berdedikasi untuk mengolah limbah beracun. 

4. Tanaman Mati

Tanaman yang mati bukan berarti boleh membuangnya begitu saja ke tempat sampah. Kamu bisa memanfaatkan tanaman mati ini sebagai kompos untuk kebun.  Bahan biodegradable apa pun dapat dikomposkan dan itu termasuk sisa buah dan bunga layu.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved