Breaking News:

Berita Surabaya

Persiapan Jelang Libur Nataru, Polisi Lakukan Tes Urine terhadap Sopir Angkutan Umum secara Acak

Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar tes urine acak kepada seluruh sopir angkutan umum.

TRIBUNMADURA.COM/FIRMAN RACHMANUDIN
Kasat Resnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Iptu Hendro Utaryo didampingi anggota dan Dokkes melihat hasil tes urine para sopir angkutan umum, Jumat (24/12/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar tes urine acak kepada seluruh sopir angkutan umum di Terminal Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (24/12/2021) pagi.

Pada kesempatan itu, polisi melakukan tes urine terhadap 25 sopir bus dan angkutan kota yang ada di lokasi.

Kasat Resnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Iptu Hendro Utaryo menyebut, tes urine yang dilakukan itu sesuai arahan Kapolda Jatim, Diresnarkoba Polda Jatim, dan dilakukan serentak oleh Satresnarkoba di tingkat kota atau kabupaten se Jawa Timur.

"Sesuai arahan pimpinan, kegiatan ini digelar serentak di masing-masing wilayah hukum Polres yang ada di Jawa Timur," sebut Hendro, Jumat (24/12/2021).

Tes urine tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi sopir dan kondektur angkutan umum dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat atau penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Alun-Alun Jember Ditutup saat Malam Pergantian Tahun, Warga Diimbau Rayakan Tahun Baru di Rumah

"Kami ingin memastikan sopir dan kondektur dalam kondisi sehat, prima dalam melayani masyarakat saat Natal dan Tahun Baru kali ini agar para penumpang juga nyaman serta aman karena sopir dan kondektur tidak dalam pengaruh narkotika maupun minuman beralkohol," ujarnya.

Sementara itu, Bambang Suprojo, Manajer SDM Damri Surabaya, menyambut baik langkah kepolisian dalam melakukan tes urine terhadap para sopir.

Menurutnya, hal itu untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkotika di lingkungan sopir angkutan umum yang dapat berdampak buruk kualitas kinerja dan pelayanan kepada penumpang.

"Kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan kepolisian. Yang pasti kami mendukung penuh langkah kepolisian untuk melakukan tes ini secara berkala, guna memastikan sopir aman dari segala bentuk penyalahgunaan narkotika," ujarnya.

Dari 25 sopir tersebut, tidak ditemukan satu pun yang positif menggunakan narkotika berbagai jenis.

Tes urine kepada sopir angkutan tersebut rencananya bakal dilakukan secara berkala.

Jika ditemukan ada yang positif menggunakan narkotika, polisi bakal berkoordinasi dengan BNNP Jatim untuk melakukan langkah preventif dan preemtif terhadap sopir yang menjadi penyalahguna narkotika.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved