Breaking News:

Berita Bangkalan

Pasien Anak Penderita Tumor Rahang di Bangkalan Dijemput Ambulans Ampibi RSUD Syamrabu

Program Biakes Maskin merupakan terobosan baru Ra Latif guna memaksimalkan standar pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Ahmad Faisol
Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron (kanan) didampingi Wakil Direktur Pelayanan RSUD Syamrabu, dr Farhat Suryaningrat, SpKK memastikan pasien tumor rahang, Ryan (12), warga Desa Durjan, Kecamatan Kokop terlayani dengan baik, Jumat (7/1/2022) 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Sosok Ryan (12), pasien penderita Tumor Mandibula atau tumor rahang menjadi perhatian serius Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif). Ryan dijemput Ambulan Peduli Tretan Dhibi’ (Amphibi) dari rumahnya, Dusun Pao Keijing, Desa Durjan, Kecamatan Kokop untuk menjalani perawatan di RSUD Syamrabu, Jumat (7/1/2022).

Langkah Ra Latif tampak terburu-buru usai memimpin rapat koordinasi bersama jajaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Pendapa Agung. Ia langsung menuju mobil dinas setelah mendengar Ambulan Amphibi yang menjemput Ryan telah tiba di RSUD Syamrabu Bangkalan.

Ryan terdeteksi menderita tumor rahang sejak tiga bulan lalu. Keterbatasan ekonomi membuat anak pertama dari pasangan Mustofa dan Hayatun itu belum pernah sekalipun tersentuh layanan perawatan atau pengobatan.

“A bele gi manabi pelayanan nah tak sae (Sampaikan apabila pelayanan tidak baik). Ryan kami jemput dengan ambulan (Amphibi) agar mendapatkan perawatan dan pengobatan yang layak,” pesan Ra Latif di hadapan keluarga Ryan dan keluarga pasien lainnya.

Ambulan Amphibi memang menjadi armada baru RSUD Syamrabu Bangkalan setelah diresmikan Ra Latif, Selasa (9/11/2022). Ditugaskan menjemput setiap warga di seluruh pelosok desa di Kabupaten Bangkalan yang telah terdaftar dan terverifikasi dalam program Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin (Biakes Maskin).

Program Biakes Maskin merupakan terobosan baru Ra Latif guna memaksimalkan standar pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat. Dukungan armada Ambulan Amphibi tidak hanya beroperasi mengantarkan pasien-pasien rujukan dari puskesmas ke rumah sakit, seperti halnya mobil-mobil ambulan rumah sakit pada umumnya.

Namun juga melakukan penjemputan dan memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat tidak mampu yang terangkum melalui Sisitem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Data Terpadu Kesehatan Sosial (DTKS).

“Armada Ambulan Amphibi) merupakan wujud dari tekad kami untuk meningkatkan akselerasi layanan kesehatan dan memberikan akses pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkas Ra Latif didampingi Wakil Direktur Pelayanan RSUD Syamrabu Bangkalan, dr Farhat Suryaningrat, SpKK.   

Petugas SLRT Kecamatan Kokop, Ilham menambahkan, keberadaan pasien tumor rahang Ryan terendus setelah pihaknya melakukan pendataan dan verifikasi di Desa Durjan dalam penanganan dan percepatan pengentasan desa kategori kemiskinan ekstrem.

“Ternyata sejak tiga bulan menderita tumor rahang namun belum pernah dibawa ke rumah sakit karena perekonomian keluarga tidak memungkinkan,” singkat Ilham. (edo/ahmad faisol)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved