Berita Bangkalan

Momen Bupati Bangkalan 'Pinang' Menparekraf Sandiaga Uno dengan Cincin Produk UMKM Bangkalan

Di pinggir danau buatan taman rekreasi keluarga itu, Ra Latif menyematkan sebuah cincin ke jari manis kanan Sandiaga Uno

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Ahmad Faisol
Berpakaian khas adat Bangkalan, Bupati R Abdul Latif Amin Imron (kanan) menyematkan sebuah cincin dengan emban produk UMKM Desa/Kecamatan Tragah ke jari manis kiri Menteri Parekraf Sandiaga Uno di Taman Rekreasi Kota Bangkalan, Selasa (24/5/2022) malam 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Uno di Taman Rekreasi Kota (TRK) Bangkalan, Selasa (24/5/2022) malam  dijadikan kesempatan para pegiat ekonomi kreatif untuk menampilkan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sandiaga Uno disambut Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif), Wakil Bupati Drs Mohni, MM, Sekretaris Daerah Ir Taufan ZS, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata H Moh Hasan Faisol dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangkalan.

Usai memborong semua produk UMKM yang ditampilkan di lapak-lapak, Bupati Ra Latif tiba-tiba mendekati Sandiaga Uno. Di pinggir danau buatan taman rekreasi keluarga itu, Ra Latif menyematkan sebuah cincin ke jari manis kanan Sandiaga Uno.

“Maaf, ini tunangan,” kelakar Ra Latif disambut gelak tawa para undangan dan para pelaku UMKM se Kabupaten Bangkalan.

Mendengar itu, Sandiaga Uno yang tampak tidak menyangka akan ‘dipinang’ Ra Latif dengan sebuah cincin langsung berucap, “ Waduh, saya terima ‘pinangan’ dari Pak Bupati”. Namun cincin itu tampak sesak sehingga Sandiaga Uno memindahkan ke jari manis kiri.

Baca juga: Sandiaga Uno Kepincut dengan Peyek Kepiting Khas Bangkalan, Renyah Tanpa Ribet, Begini Kesannya

Kumpulan Berita Lainnya seputar Bangkalan

Informasi lengkap dan menarik lainnya di TribunMadura.com

“Pas banget, batu cincinnya apa Pak Bupati? Keren banget, sae-sae (bagus-bagus),” ujar Sandiaga Uno.

Selain dikenal sebagai penghasil kain batik berkualitas dan Kota Kuliner dengan 1001 macam menu olahan bebek, Bangkalan juga menjadi salah satu kabupaten di Indonesia sebagai penghasil emban cincin berkualitas.

“Batu cincinya batu biasa, cuma ring (emban) nya adalah produk putra daerah di Desa/Kecamatan Tragah,” jelas Ra Latif.  

Kehadiran Sandiaga Uno di TRK Bangkalan tidak lain adalah untuk memberikan program pelatihan dan pembinaan terhadap sedikitnya 100 lebih pelaku ekonomi kreatif UMKM. Sekaligus memastikan ekonomi kreatif di setiap daerah terus bergerak.

“Karena kami tidak mau produksi UMKM terhenti karena biaya produksi naik setelah dihantam pandemic Covid-19. Oleh karena itu, kami melakukan pelatihan langsung, on the spot untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya,” terang Sandiaga Uno.  

Ia meninggalkan, sejumlah 34 juta masyarakat Indonesia saat ini tengah menghadapi ekonomi yang sangat sulit. Bahkan Presiden Joko Widodo baru saja mengingatkan bahwa keadaan ini sangat berat bagi seluruh negara.

“Ruwet, mumet, ribet. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif juga terdampak,” tegasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved