Berita Bangkalan

Suasana CFD ala Ibu-ibu di Bangkalan, Setiap Hari Minggu Promosikan UMKM hingga Pelayanan Kesehatan

Pada gelaran CFD yang ketujuh ini bertemakan September Ceria CFD ‘Sehat dan Bahagia Bersama’.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Ibu-ibu yang tergabung dalam DPC PPLIPI Bangkalan mempromosikan UMKM berupa sinom kemasan botol kepada pengunjung CFD September Ceria di depan Pendopo Agung, Jalan Letnan Abdullah, Minggu (4/9/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Gelaran hari bebas kendaraan bermotor atau biasa dikenal dengan sebutan Car Free Day (CFD) setiap Hari Minggu dijadikan momen oleh kaum ibu di Bangkalan sebagai ajang promosi berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).  

Dimulai setiap pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB, ratusan masyarakat dari berbagai latar belakang numplek di depan Pendopo Agung atau sisi timur Alun-alun Kota Bangkalan, Jalan Letnan Abdullah, Kelurahan Kraton, Minggu (9/4/2022).

Pada gelaran CFD yang ketujuh ini bertemakan September Ceria CFD ‘Sehat dan Bahagia Bersama’. Istri Bupati Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif istiqomah hadir. Dalam setiap CFD, dua OPD pemkab diwajibkan bergantian mendirikan stand.

Itu dilakukan untuk memberikan wadah sekaligus ajang promosi UMKM bersama puluhan stand milik beberapa perkumpulan sosial. Seperti halnya stand milik DPC Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) Kabupaten Bangkalan.

“Kami dari DPC PP LIPI Bangkalan terpanggil untuk menggelar bakti sosial. Meliputi konsultasi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan. Juga ada kombinasi dari UMKM dari anggota kami,” ungkap Ketua Komisi Kesehatan DPC PP LIPI Kabupaten Bangkalan, Dr Widya kepada Surya.

UMKM yang ditampilkan PP LIPI Bangkalan terdiri dari Nasi Bebek Esoh, Nasi Paru, Nasi Cumi, Nasi Bebek Pedas Galis, hingga salad buah. Adapun layanan pemeriksaan kesehatan meliputi cek tekanan darah, glukosa, asam urat, dan kolesterol.

Sekedar diketahui, PP LIPI dibentuk sebagai wadah bagi para perempuan untuk menyumbangkan tenaga, pikiran, maupun materi dalam rangka mengangkat harkat dan martabat perempuan melalui upaya pemberdayaan perempuan.

 

“Tujuan kami untuk membantu dan mengarahkan masyarakat Bangkalan khususnya yang hadir pada CFD ini agar lebih peduli kepada kesehatan dirinya,” pungkas dr Widya.  

Layanan kesehatan berupa Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) juga diberikan Puskesmas Jaddih. Masyarakat juga disediakan layanan donor darah oleh Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Bangkalan.

Baca juga: Harga BBM Naik Pelaku Usaha Kecil di Bangkalan Makin Pikul Beban Berat, Bisa Turun Lagi Gak Ya?

Sementara pada stand UMKM milik Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan menampilkan keripik pisang ‘Banana Creeesss’, Kacang Songlot, Keripik Sukun, Keripik Talas, serta beraneka ragam puding, hingga bermacam jus buah kemasan botol.  

 

Selain senam bersama, layanan kesehatan, dan promosi UMKM, CFD Bangkalan September Ceria juga memberikan kesempatan pada para siswa dan masyarakat dalam permainan tradisional, face painting, pertunjukan seni, melukis bersama, spot foto, hingga beragam olahraga seperti sepatu roda, bulutangkis, panjat tebing, basket, dan voli.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved