Berita Madura

Dinsos Pamekasan Pastikan Data Penerima BLT DBHCHT Transparan, Tak Boleh Ada Buruh Siluman Menerima

Dinsos Pamekasan Sebut masyarakat yang tidak masuk dalam kategori penerima bantuan tersebut dipastikan tidak akan tercover sebagai penerima. 

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kepala Dinas Sosial Pamekasan, Moch Tarsun menyebutkan masyarakat yang tidak masuk dalam kategori penerima bantuan tersebut dipastikan tidak akan tercover sebagai penerima.  

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Madura, akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) 2023 untuk buruh tani tembakau dan buruh rokok.


Kepala Dinsos Pamekasan, Moch Tarsun mengungkapkan, masyarakat yang tidak masuk dalam kategori penerima bantuan tersebut dipastikan tidak akan tercover sebagai penerima. 


Nanti, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada 13 kecamatan dengan melibatkan kepala desa dan pihak terkait perihal pencairan BLT tersebut.


"Nanti APH (aparat penegak hukum) dan Apip (aparatur pengawas internal pemerintahan) akan mendampingi kami agar bekerja on the track atau sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Moch Tarsun, Rabu (7/8/2022).


Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini memastikan, data penerima BLT sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. 


Karena data yang dimiliki instansinya merupakan usulan pemerintah desa dengan mengetahui camat setempat. 


Tidak hanya itu, data penerima akan dipampang di balai desa sebelum diserahkan kepada instansinya untuk memastikan data tersebut sesuai atau tidak.


"Data buruh tani dan buruh rokok itu dari kepala desa mengetahui camat, ini sangat transparan sekali. Silakan kepada desa itu datanya dari perangkat desa atau kelompok tani yang ada. Setelah terkumpul datanya di verval (verifikasi dan validasi) oleh tim kami, baru nanti akan diumumkan di desa secara transparan," jelasnya.


Pihaknya juga tidak akan menerima usulan penerima selain dari usulan pemerintah desa.

Baca juga: Pasar Kolpajung Pamekasan Akan Berkonsep Pasar Modern, Pembangunan Dimulai Awal Tahun 2023

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Pamekasan hanya di GoogleNews TribunMadura.com


Mengacu dari itu, ia meminta masyarakat bekerja sama memantau data penerima sebelum diserahkan kepada instansinya agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.


"Setelah diumumkan, ada yang komplain kah, mungkin ada saran, kalau sudah tidak ada saran, komplain dan sebagainya baru diajukan ke dinas sosial," paparnya.


"Kalau di dinas sosial kuotanya lebih, jadi pengurangannya juga dikonsultasikan dengan desa, dan diumumkan lagi oleh desa agar benar-benar usulan desa, tidak ada usulan siluman," tambah dia 


BLT DBHCHT yang akan diterima buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok itu sebesar Rp 900 ribu selama tiga bulan dengan rincian Rp 300 ribu perbulan. 


Total anggaran untuk BLT tersebut sebesar Rp 22,4 miliar.


Bantuan itu dipastikan tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved