Berita Madura

Pasar Kolpajung Pamekasan Akan Berkonsep Pasar Modern, Pembangunan Dimulai Awal Tahun 2023

Pihaknya awalnya mengajukan anggaran lebih dari Rp 100 miliar untuk pembangunan pasar tradisional Kolpajung terbesar di Pamekasan itu

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Suasana Pasar Kolpajung Pamekasan, Pasar Kolpajung Pamekasan Akan Dikonsep Modern di awal tahun 2023 akan digarap pembangunannya. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan, Madura, merencanakan pembangunan pasar tradisional Kolpajung menjadi pasar modern


Rencananya, pembangunan itu dimulai awal tahun 2023.


Kepala Disperindag Pamekasan, Achmad Sjaifuddin mengungkapkan, telah mendapat sinyal dari pemerintah pusat untuk keberlanjutan rencana pembangunan pasar Kolpajung setelah tahun sebelumnya gagal akibat terkena recofusing untuk penanganan pandemi Covid-19.


"Sudah ada sinyal pembangunan, sejauh ini kita melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk review DED (detail engineering design) pasar Kolpajung," kata Achmad Sjaifuddin kepada TribunMadura.com, Rabu (7/9/2022).


Pihaknya awalnya mengajukan anggaran lebih dari Rp 100 miliar untuk pembangunan pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pamekasan tersebut. 


Tetapi, dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) tentu anggarannya butuh penyesuaian dengan harga satuan terbaru. 


Karena sebagian harga barang naik dan biaya transportasi juga akan mengalami kenaikan.


Menurut Mantan Kepala Disparbud Pamekasan ini, pembangunan Pasar Kolpajung rencananya akan dimulai pada awal tahun 2023. 


Tentu, sebelum pembangunan dimulai, pihaknya harus mempersiapkan tempat penampungan pedagang yang rencananya akan direlokasi ke lapangan Kowel, Kelurahan Kowel.

Baca juga: Polemik Pembubaran Acara Himpaudi Pamekasan oleh Kapolsek Larangan Berakhir Damai, Ini Kata Kapolres

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Pamekasan hanya di GoogleNews TribunMadura.com


"Sementara tempat yang paling memungkinkan itu adalah Lapangan Kowel, jarak dari lokasi awal masih terjangkau. Apalagi, lahannya memang lahannya pemda," ujarnya.


Pihaknya menunggu kepastian dari pemerintah pusat terkait rencana pembangunan Pasar Kolpajung, termasuk jadwal dimulainya pengerjaan. 


Karena hal itu berkaitan dengan relokasi pedagang yang membutuhkan tenaga ekstra.


"Kalau lelangnya sudah dimulai, maka suka tidak suka kita harus bergerak, makanya kita sekarang dalam proses persiapan semua. Termasuk review DED itu," tambahnya.


Pihaknya juga berencana pembangunan Pasar Kolpajung itu akan dilakukan secara keseluruhan, mengingat kondisi pasar yang telah memprihatinkan. 


Sehingga, pembangunan pasar itu butuh dukungan semua pihak agar rencana tersebut terealisasi dengan baik demi keberlangsungan perekonomian masyarakat.


"Total, semuanya akan dibangun. Ngapain masih tersisa, Pasar kolpajung sudah rusak seperti itu, jadi semuanya akan dibangun. Karena pasar itu akan menjadi kebanggaan masyarakat Pamekasan. Punya pasar megah, konsepnya modern. Oleh karena itu, kami minta dukungan semua pihak," pintanya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved