Berita Madura

Ajak Dialog Mahasiswa Dalam Pendirian Pos Polisi di Bangkalan, Polsek Blega Juga Rangkul Tokoh

Hal itu menjadi bahan diskusi bersama antara Polsek Blega dan mahasiswa yang dikemas dalam bingkai Dialog Bersama Mahasiswa (Diagram) di polsek

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Ahmad Faisol
Kapolsek Blega, Iptu Muhammad Syamsuri memimpin diskusi bersama mahasiswa Kecamatan Blega yang dikemas dalam bingkai Dialog Bersama Mahasiswa (Diagram) di polsek setempat, Rabu (21/9/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Menjaga keamanan dan ketertiban sehingga terciptanya kondusifitas di lingkungan masyarakat bukan semata menjadi tanggung jawab pemerintah melalui institusi penegak hukum. Namun juga memerlukan dukungan dari semua elemen masyarakat.

Hal itu menjadi bahan diskusi bersama antara Polsek Blega dan mahasiswa yang dikemas dalam bingkai Dialog Bersama Mahasiswa (Diagram) di polsek setempat, Rabu (21/9/2022).

Hadir lima perwakilan mahasiswa dari dua lembaga pendidikan di Kecamatan Blega, STAI Al Hamidiyah dan IAI Al Khoziny.

“Diskusi bersama mahasiswa berkaitan dengan rencana pendirian Pos Polisi 3C seperti yang diperintahkan Bapak Kapolres. Untuk lokasi pos, kami juga masih berkoordinasi dengan sejumlah tokoh. Apakah akan didirikan di kawasan Gunung Gigir atau di daerah Lomaer,” ungkap Kapolsek Blega, Iptu Muhammad Syamsuri kepada Surya.

Sebelumnya, Kapolres Bangkalan, AKBP Wiwit Ari Wibisono memerintahkan semua kapolsek untuk mendirikan Pos Polisi 3C yang ditempatkan di kawasan rawan tindakan kriminalitas. Melengkapi tiga pos lainnya yang telah didirikan pada pertengahan 2019.

Yakni pos polisi di Jalan Raya Telang, Kecamatan Kamal, di jalur sepi menuju kawasan Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Jalan Raya Desa Pendabah Kecamatan Kamal, dan di Jalan Raya Desa Sendang Laok, Kecamatan Socah.

Program pendirian pos-pos anti kriminalitas di setiap wilayah polsek itu merupakan cara menekan angka kriminalitas di Bangkalan. Sekaligus merupakan langkah preventif, di mana setiap pos polisi yang akan didirikan itu dinamakan Pos 3C, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Kami meminta saran dan kritik kepada adik-adik mahasiswa sebagai bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik. Kami juga mengajak mereka untuk turut serta berperan penting dalam menjaga kamtibmas,” ujar Syamsuri.

Disinggung terkait keterbatasan jumlah personil untuk menjaga Pos 3C, Syamsuri mengatakan akan merangkul mahasiswa termasuk sejumlah tokoh masyarakat di Kecamatan Blega untuk sama-sama menjaga. Dengan harapan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Bangkalan, khususnya di wilayah hukum Blega aman dan kondusif.  

Baca juga: Perintah Kapolres Bangkalan Perintahkan Seluruh Polsek Dirikan Pos di Titik Rawan Kriminalitas

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Bangkalan hanya di GoogleNews TribunMadura.com

“Mahasiswa kan tidak selalu di Blega, namun ketika kebetulan ada di Blega bisa berkoordinasi untuk ngopi bareng bersama warga lain di pos ketika nanti telah didirikan,” terang mantan KBO Satreskrim Polres Bangkalan itu.

Ia menambahkan, diskusi bersama mahasiswa termasuk bersama masyarakat sambil ngopi bukan kali ini digelar Polsek Blega. Dengan harapan, apabila terjadi suatu permasalah di lingkungan sekitar bisa segera tersampaikan kepada pihak kepolisian.

Saat ini, lanjutnya, semua kepala desa bersama para perangkat mulai dari kepala dusun hingga kepala RT di Kecamatan Blega termasuk Kapolres Bangkalan, AKBP Wiwit Ari Wibisono sudah tergabung dalam grup WhatsApp ‘Cak Madura Blega’.  

“Insya Allah begitu ada kejadian langsung diatasi. Jadi tidak perlu menunggu lama,segera melapor. Kami pastikan nama (pelapor) sangat dirahasiakan. Jadilah polisi terutama bagi diri sendiri. Jaga keselamatan, gunakan kunci ganda pada motor, jangan sampai di jalan memakai perhiasan yang berlebihan,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved