Berita Madura

Temuan Bawaslu di Proses Pendaftaran Bacaleg Sampang, Dokumen Salah Satu Parpol Dikembalikan

Alhasil, berkas pendaftaran Bacaleg milik salah satu Partai Politik (Parpol) di Kota Bahari dikembalikan, yakni milik Partai Garuda

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Hanggara Pratama
Ketua Bawaslu Sampang, Insiyatun (baju putih) saat jumpa pers pasca KPU Sampang secara resmi menutup masa pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2024, (14/5/2023) tengah malam 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama 

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang, Madura mendapati temuan se masa proses penyerahan dokumen Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024.

Alhasil, berkas pendaftaran Bacaleg milik salah satu Partai Politik (Parpol) di Kota Bahari dikembalikan, yakni milik Partai Garuda.

Ketua Bawaslu Sampang, Insiyatun mengatakan bahwa pada proses pengajuan Bacaleg, pihaknya bertugas memastikan kelengkapan dokumen berkas pengajuan yang dilakukan masing-masing Parpol

"Jadi ada satu dari Parpol yang dikembalikan dan juga ada dua yang tidak mendaftar," ujarnya. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga ingin memastikan KPU Sampang melayani Parpol yang melakukan konsultasi dalam proses pendaftaran yang berjalan selama 14 hari ini.

Baca juga: Masa Pendaftaran Ditutup, 2 Parpol di Sampang Tak Ajukan Bacaleg dan 1 Parpol Berkas Dikembalikan

"Begitupun Parpol yang sudah mendaftar terlayani dengan baik dan alhamdulillah sampai sekarang proses selesai," terangnya. 

Sementara, Ketua KPU Sampang Addy Imansyah menyampaikan jika dokumen Bacaleg milik salah satu Parpol dikembalikan karena tidak lengkap.

Kemudian, Parpol tersebut tidak memperbaiki atau melengkapi kekurangan berkas hingga batas waktu pendaftaran.

Sehingga dari 18 Parpol peserta Pemilu 2024, hanya 15 Parpol yang statusnya diterima dalam proses pengajuan dokumen Bacaleg.

"2 Parpol tidak menyerahkan berkas sama sekali dan 1 Parpol dokumennya dikembalikan," pungkasnya. 

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved