Breaking News:

Surabaya Sidoarjo Gresik Terapkan PSBB

Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Sepakat PSBB, Pemprov Jatim Pastikan Bantuan Sosial Tak Tumpang Tindih

Pemprov Jawa Timur tengah mematangkan pendataan masyarakat yang terdampak akibat adanya wabah virus Corona (Covid-19).

TRIBUNMADURA.COM/SOFYAN CANDRA ARIF SAKTI
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak (paling kiri) mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (tengah), saat memberikan keterangan kepada awak media di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Minggu (19/4/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pemprov Jawa Timur tengah mematangkan pendataan masyarakat yang terdampak akibat adanya wabah virus corona (Covid-19), serta persiapan untuk penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, yang juga menjabat sebagai Ketua Rumpun Sosial Ekonomi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur mengungkapkan, pendataan ini diperlukan agar bantuan sosial (Bansos) bisa merata ke semua masyarakat yang terdampak.

Gresik Akan Terapkan PSBB, Pemkab Siapkan Anggaran Jaring Pengaman Sosial Rp 120 Miliar

Sidoarjo Akan Terapkan PSBB, Pemkab Siapkan Stimulus Ekonomi untuk Masyarakat Terdampak Kebijakan

Sidoarjo Akan Terapkan PSBB Bersama Surabaya dan Gresik, Nur Ahmad Syaifuddin: Ini Baik Tapi Berat

Selain itu juga agar bantuan sosial antarpemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kabupaten/kota tidak tumpang tindih, mengingat total ada delapan bentuk bantuan sosial yang disiapkan oleh berbagai tingkatan pemerintah.

"Jika dibulatkan, di seluruh Jawa timur dari 5 juta KK, 38,5 persennya sudah masuk data by name by address di Kemensos (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)," ucap Emil Dardak, Minggu (19/4/2020).

Namun persentase di setiap kabupaten/kotanya menurut Emil Dardak, jumlahnya berbeda-beda.

"Ada kabupaten yang 67 persen dari KK, bahkan 72 persen dari KK itu semua masuk data Kemensos. Tapi ada juga daerah yang cuma 18 persen yang sudah tercover. Inilah pertimbangannya mengapa harus kita hitung dengan seksama," lanjutnya.

Begitu juga untuk persiapan penerapan PSBB di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, Pemprov Jatim sudah memegang data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tentang jumlah pekerja yang bekerja di sektor yang paling terdampak.

BREAKING NEWS: Surabaya, Sidoarjo & Gresik Akan Terapkan PSBB, Ini Hasil Rapat Koordinasi di Grahadi

Surabaya Akan Terapkan PSBB untuk Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Bahas Persiapan Teknis

Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Akan Terapkan PSBB, Khofifah Siapkan Surat Pengajuan PSBB ke Kemenkes

"Dari situ akhirnya kita menentukan sasaran yang kemudian sedang kita komunikasikan dengan pihak yang terkait. Dengan kejaksaan tinggi, dengan korsupgah KPK untuk memastikan ini dapat terlaksana dengan baik," lanjut mantan bupati Trenggalek ini.

Dalam penentuan target sasaran bantuan sosial ini, Emil Dardak melanjutkan, Tim Rumpun Sosial Ekonomi juga telah mendapatkan arahan dari para guru besar Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, serta Universitas Islam Negeri Malang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved