Daun Sambiloto

Selain Empon-empon, Daun Sambiloto Juga Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Setelah empon-empon viral karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus corona, daun sambiloto juga dipercaya mampu meningkatkan imun.

Tokopedia
Sambiloto alias daun pahit memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda akan segera mereda.

Untuk itu, masyarakat butuh senantiasa disiplin melakukan protokol pencegahan, mengupayakan kebiasaan hidup sehat, serta menjaga daya tahan tubuh salah satunya dengan menggunakan obat herbal.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SAR-CoV-2).

Virus corona atau Covid-19 sangat menular sehingga dibutuhkan kedisiplinan semua pihak untuk menjalani protokol pencegahan.

Virus ini dapat ditularkan melalui SAR-CoV-2 kontak langsung dengan penderita, droplet yang dikeluarkan oleh penderita pada saat batuk ataupun bersin, serta tangan yang menyentuh mulut, hidung dan mata setelah menyentuh benda-benda yang terkontaminasi virus-virus tersebut.

Oleh karena itu Covid-19 disebut juga sebagai penyakit seribu wajah.

Sebab virus ini dapat menimbulkan berbagai macam gejala.

Seperti demam, nyeri kepala, nyeri otot, gangguan penciuman, penurunan pengecapan, nyeri tenggorokan, batuk, gangguan pernapasan, mual, muntah dan nyeri perut.

Terdapat pula infeksi Covid-19 yang tidak bergejala dan lebih sulit dideteksi.

Untuk mencegah penularan Covid-19 , masyarakat perlu mengupayakan ketahanan kesehatan yang bergantung pada kesehatan tubuh perorangan.

Penting juga untuk menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat dan penggunaan obat tradisional yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Sistem daya tahan tubuh manusia terdiri dari sistem kekebalan alami (innate immune) dan sistem kekebalan adaptif (adaptive immune).

Untuk dapat mengaktifkan mekanisme pertahanan alami maupun adaptif, kita dapat memanfaatkan imunomodulator yang merupakan zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun untuk mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Halaman
123
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved