Breaking News:

Berita Jawa Timur

Gus Yahya Sebut Sudah Kantongi 80 Persen Dukungan untuk Muktamar NU Ke-34

Selain dari PWNU Jawa Timur, dukungan dari daerah lain disebut terus bermunculan bahkan mayoritas dukungan sudah mencapai sekitar 80 persen

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf saat ditemui di kantor PWNU dengan didampingi sejumlah tokoh NU Jawa Timur. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengungkapkan dukungan kepadanya untuk menjadi calon ketua umum pada Muktamar Nahdlatul Ulama terus mengalir.

Selain dari PWNU Jawa Timur, dukungan dari daerah lain disebut terus bermunculan bahkan mayoritas dukungan sudah mencapai sekitar 80 persen. 

"Mungkin sekarang sudah hampir 80 persen," kata Gus Yahya saat ditemui di Kantor PWNU Jawa Timur, ketika ditanya sudah berapa daerah yang memberikan dukungan, Sabtu (16/10/2021). 

Gus Yahya menyebut, dukungan itu misalnya datang dari Nahdlatul Ulama wilayah Jawa Tengah, Kawasan Sumatera Selatan, Sulawesi termasuk juga dari kawasan Kalimantan. Daerah-daerah lain disebutkan tinggal komunikasi lebih lanjut untuk menyampaikan gagasan. 

Saat disinggung, apakah hal itu menjadikan Gus Yahya optimis besar, dia hanya menjawab jika dalam Muktamar yang merupakan gawe besar Nahdlatul Ulama tersebut tentu bukan pada persoalan menang kalah. 

Baca juga: Inilah Respon Gus Yahya Diusung PWNU Jawa Timur di Muktamar ke-34, Terimakasih

"Ini bukan soal menang kalah, tapi saya optimis cabang-cabang bisa memahami bahwa tawaran agenda yang saya ajukan bisa disetujui semua orang. Sehingga, semuanya siap mengamalkan agenda itu bersama-sama seluruh cabang se Indonesia," ungkap tokoh kelahiran Rembang tersebut. 

Sementara itu, pada Sabtu siang hingga sore, pengurus Nahdlatul Ulama di Jawa Timur menggelar pertemuan bersama dengan pengurus cabang. Hal itu juga menjadi diantara tindaklanjut setelah sebelumnya Nahdlatul Ulama memutuskan mendukung Gus Yahya pada Muktamar mendatang. 

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mengungkapkan, pertemuan tersebut bertujuan untuk menyelaraskan sikap bersama seluruh pengurus cabang. Sikap resmi yang sebelumnya dikeluarkan harus terus dipahami bersama. 

"Bahwa PW dan Cabang di Jawa Timur secara resmi keorganisasian, menginginkan, mengusulkan, untuk KH Miftakhul Akhyar pada posisi calon Rais Am PBNU. Kemudian KH Yahya Cholil Staquf pada posisi calon ketua umum," ujar Kiai Marzuki. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved