Ramadan 2022

Hal yang Perlu Diperhatikan bagi Ibu Menyusui, Bila Ingin Berpuasa di Bulan Ramadan, Simak Kata Ahli

Selain itu diperhatikan pula situasi lingkungan dan cuaca. Apakah cuaca terlalu panas dan sebagainya. Perlu pula menyesuaikan dengan aktivitas ibu

Editor: Samsul Arifin
pexels.com/Helena Lopes
Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui. 

TRIBUNMADURA.COM, JAKARTA - Bagaimana ibu menyusui bila ingin menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan?

Sebagian ibu yang saat ini menyusui tentu sedang bertanya-tanya. Apakah mereka boleh menjalani ibadah puasa? Apa dampaknya bagi kualitas ASI?

Terkait hal ini, Dokter Spesialis Anak dr Melisa Lilisari SpA MKes menyebutkan tidak mengapa ibu menyusui berpuasa. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Pertama, status nutrisi ibu diharapkan dalam kondisi baik.

Selain itu diperhatikan pula situasi lingkungan dan cuaca. Apakah cuaca terlalu panas dan sebagainya. Perlu pula menyesuaikan dengan aktivitas ibu.

"Selain itu yang perlu ditekankan berulang-ulang adalah asupan nutrisi cairan ibu saat sahur dan berbuka. Dan terakhir, diperhatikan usia bayi. Apakah masih usia ASI ekslusif, enam bulan pertama atau mendapatkan MPASI," ungkapnya pada acara Virtual Media Briefing Bamed, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Berikut Manfaat Berbuka Puasa dengan Buah Kurma bagi Kesehatan, Anjuran Rasulullah Muhammad SAW

Apa yang terjadi pada ibu menyusui saat berpuasa? Menurut dr Melisa, pada ASI ada dua hal nilai, kualitas dan kuantitas. Dari segi kuantitas, penelitian mengungkapkan jika suplai ASI tidak berkurang saat berpuasa.

Hukum umum dianut, bahwa suplai ASI itu akan tetap berlangsung selama pengosongan payudara tetap berlaku walau berpuasa.

Sedangkan dari segi kualitas, ASI mengandung dua hal yaitu makro nutrien dan mikronutrien. Pada penelitian, memang ada yang berkurang saat berpuasa. Seperti magnesium dan kalium.

"Namun hal ini bersifat sementara. Akan tergantikan saat ibu makan kembali. Karena kebutuhan harian, tidak menganggu kualitas ASI," kata Melisa menambahkan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved