Berita Pamekasan

Bagi Warga Pamekasan yang Ingin Nikmati Objek Wisata Harap Bersabar, Tunggu Rekom dari Satgas

Sebab, sampai sekarang Pemkab Pamekasan, belum memberikan lampu hijau terhadap objek wisata di Pameksan

Penulis: Muchsin Rasjid | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Muchsin Rasjid
Seorang pengunjung wanita, tengah menikmati kemolekan indahnya Pantai Jumiang, di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN – Meski kasus Covid-19 di negeri ini, terutama di Madura sudah mulai landai, namun warga Pamekasan yang ingin menikmati wisata di Pamekasan harus bersabar dulu. Sebab, sampai sekarang Pemkab Pamekasan, belum memberikan lampu hijau terhadap objek wisata di Pameksan, apakah pada libur Lebaran tahun ini, dibuka untuk umum atau tidak.

Sebab, untuk memberikan izin bagi pemilik tempat wisata pada libur Lebaran kali ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Pamekasan, masih memerlukan surat rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pamekasan dan koordinasi terlebih dulu dengan kelompok sadar wista (Pok Darwi)..

Kepala Disparpora Pamekasan, Mohammad Kusairi, kepada Surya, Minggu (24/4/2022) mengatakan, walau kondisi Covid di Pamekasan sudah landai, namun Covid-19 masih ada, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam bertindak, terutama bila menyangkut kegiatan yang mengundang berkumpulnya banyak massa di satu tempat.

Karena itu, kata Kusairi pihaknya saat ini masih belum berani memastikan dibukan tidaknya tempat-tempat wisata, sebelum dirinya mendapat rekomendasi dari Satgas Copvid-19. Sebab bila pihaknya bertindak tanpa rekomendasi Satgas Covid, lalu kemudian terjadi sesuatu, maka yang akan menjadi tumpuan kesalahan pasti tertuju pada Disparpora.

Baca juga: Bupati Pamekasan Pantau Pilkades Serentak, Beri Pesan untuk Masyarakat agar Jaga Kerukunan

“Harapan kami memang menghendaki bagaimana tempat-tempat wisata di Pamekasan ini bisa dibuka kembali pada libur Lebaran ini. Ini semua agar kegiatan perekonomian yang selama pandemi ini terpuruk, mulai bangkit lagi. Namun, bila nanti dibuka, tentu pengunjung harus tetap mematuhi aturan protokol kesehatan,” kata Kusairi.

Dikatakan, bila nanti tempat witasa di Pamekasan sudah bisa dibuka untuk umum, maka diharapkan pula, pelaku usaha wisata, Pokdarwis disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Ini demi kebaikan bermasa. Karena, untuk menciptakan kekebalan kelompok, maka diperlukan kesadaran masyarakat.

Ditanya kapan pihaknya akan memberitahu kepastian dibuka tidaknya tempat wisata untuk umum, Kusairi mengatakan, paling tidak sekitar H-5 Lebaran, pihaknya akan memberitahukan kepada pemilik tempat wisata, pelaku wisata dan pokdarwis.

“Jika memang nanti kami belum bisa memberikan izin tempat wisata dibuka untuk umum, setidaknya masyarakat yang sudah memilik jadwal mengunjungi tempat wisat tidak kecewa, karena sudah mengetahui lebih dulu,” papar Kusairi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved