Breaking News:

Virus Corona di Jawa Timur

Jawa Timur Jadi Provinsi Pertama Realisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dampak Covid-19

Jawa Timur menjadi provinsi pertama yang berhasil merealisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD secara nasional.

istimewa
Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, menyerahkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) kepada 4 keluarga penerima manfaat (KPM), 2020. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Jawa Timur menjadi provinsi pertama yang berhasil merealisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau BLT-DD secara nasional.

Hal ini menjadi bukti keseriusan Jawa Timur untuk mengawal Dana Desa setelah sebelumnya berhasil mencairkan Dana Desa tercepat Tahap I se-Indonesia di bulan Januari lalu, tepatnya di Kabupaten Madiun.

PSBB di Surabaya Raya Mulai Selasa Besok, Pemprov Jatim Suplai Sembako 4 Truk ke Sidoarjo dan Gresik

 

Bacaan Bilal dan Jawabannya, Niat Salat Tarawih, Sholat Witir, Doa Kamilin untuk yang Salat di Rumah

Tersandung Kasus Ambruknya SDN Samaran II Tambelangan, Remisi Mantan Kadisdik Sampang Ditolak Kejari

Untuk pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa pertama kali ini berhasil direalisasikan di Kabupaten Jombang dengan ditandai penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa kepada 224 keluarga penerima manfaat (KPM) dari 2 desa, yaitu Desa Bawangan dan Desa Kebonangung, Kecamatan Ploso.

Secara simbolis Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut kepada 4 KPM yang disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Mudah-mudahan bantuan senilai Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan ini dapat dimanfaatkan baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari agar masyarakat bisa tenang menyambut bulan suci Ramadhan dan nantinya bisa merayakan Idulfitri dengan tenang meskipun dalam susana keprihatinan Covid-19 saat ini" ujar Khofifah Indar Parawansa, Senin (27/4/2020).

Alokasi DD Jawa Timur tahun 2020 sendiri mengalami penyesuaian akibat realokasi APBN untuk penanganan Covid-19, dari semula sebesar Rp 7,654 triliun berkurang menjadi Rp 7,570 triliun.

Potensi maksimal untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bisa mencapai Rp 2,285 triliun untuk 1.265.845 keluarga miskin dan terdampak Covid-19 di 7.724 desa.

589 Pengemudi Angkutan Umum di Pamekasan Ikut Program Peduli Keselamatan, Ada Bantuan Rp 600 Ribu

Rekomendasi Minuman Segar saat Berbuka Puasa, Es Militan di Pamekasan, Satu Botol Hanya Rp 8 Ribu

3 Indikator Keberhasilan PSBB Surabaya, dari Turunkan Kasus Covid-19 hingga Jaga Stabilitas Ekonomi

Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Mundjidah Wahab, para kepala desa dan pendamping desa yang telah bekerja maksimal sehingga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bisa disalurkan tepat waktu.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemendesa PDTT, Taufik Madjid, memuji Jawa Timur yang bisa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa secara cepat.

"Saya rasa Jatim menjadi contoh bagi provinsi lain dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bisa dengan cepat dan disalurkan secara non tunai (cash less) menggunakan bank milik daerah" ujar Taufik Madjid.

Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved