Breaking News:

Berita Surabaya

Bandara Juanda Siap Sambut New Normal, Terapkan Prosedur Kesehatan Ketat Bagi Penumpang dan Petugas

Bandara Juanda siap menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang dalam situasi new normal.

TRIBUNMADURA.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Pintu masuk Bandara Juanda, Senin (20/4/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Bandara Juanda menyatakan telah siap menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang dalam situasi new normal.

"Angkasa Pura I telah menyelesaikan pedoman protokol kesehatan untuk mendukung operasional penerbangan dalam situasi new normal," kata General Manager Bandara Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Jumat (29/5/2020).

"Pedoman ini dapat sesegera mungkin disosialisasikan dan diterapkan di Bandara Juanda begitu peraturan resmi mengenai situasi new normal dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19," sambung dia.

UPDATE Pasien Virus Corona di Pamekasan Bertambah Satu Orang, Ada Total 15 Kasus hingga 29 Mei 2020

RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan Buang 100 Baju Hazmat Bekas Pakai Tenaga Medis Setiap Harinya

Jadwal Masuk Santri Ponpes An Nur 1 Bululawang Mulai 15 Juni 2020, Pengurus Siapkan SOP Ketat

Heru Prasetyo menjelaskan, pedoman protokol kesehatan new normal itu secara khusus mengatur secara detail mengenai prosedur dam persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan calon penumpang, baik domestik maupun internasional.

Dalam pedoman itu juga diinformasikan mengenai berbagai upaya pencegahan, penyebaran dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang telah dilakukan oleh Angkasa Pura I.

Di dalamnya termasuk penerapan social physical distancing, pengecekan dokumen kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang.

Aturan itu, kata Heru Prasetyo, juga diberlakukan bagi mitra usaha dan seluruh personil yang bertugas di Bandara Juanda.

"Kami terus memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti Counter Check In, Trolly, Self Check In Machine, SCP (Tray & X Ray), Toilet, Boarding Pass Scanner, Hand Rail, Armchair dan lain sebagainya di bandara," jelas dia.

petugas Bandara Juanda sedang berjaga di posko kesehatan Terminal 1, Jumat (29/5/2020)
petugas Bandara Juanda sedang berjaga di posko kesehatan Terminal 1, Jumat (29/5/2020) (TRIBUNMADURA.COM/FIKRI FIRMANSYAH)

Penyuap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan, Jaksa KPK Masih Pikir-Pikir

140 Warga Desa Sopaah Pamekasan Terima Bantuan Langsung Tunai, Masing-Masing Dapat Rp 600 Ribu

"Bahkan kami juga melakukan pembersihan secara intens dan berkala menggunakan desinfektan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang saat sedang melakukan perjalanan," kata Heru.

Heru mengatakan, petugas operasional Bandara Juanda diwajibkan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, sarung tangan, dan menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area-area terminal.

"Selain itu untuk pelaksanaan Physical Distancing, kami telah melakukan pengaturan jarak antrian minimal 1,5 meter pada area Check In, Security Check Point, Imigrasi, Boarding Lounge, Garbarata, area Baggage Claim serta area tunggu transportasi publik," tambahnya.

Heru juga mengatakan, sejatinya pelakasanaan protokol kesehatan new normal itu merupakan bagian dari komitmen Bandara Juanda untuk memberikan suatu rasa aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang.

TERUNGKAP Penyebab Risma Marah saat Tinjau Mobil Lab Bantuan BNPB, Kecewa sampai Lakukan Hal Ini

Aturan Pelaksanaan Pernikahan pada Masa Pandemi Covid-19, Ada 3 Catatan yang Wajib Diperhatikan

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved