Berita Pamekasan

Bupati Baddrut Tamam Sampaikan Pesan untuk 612 Napi Lapas Narkotika yang Dapat Resmisi Umum

Sebanyak 661 Narapidana yang mendapatkan remisi umum itu yang telah memenuhi syarat formal masa pidana. Bupati Pamekasan berikan pesan

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Penyerahan SK resmisi umum kepada perwakilan narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Sebanyak 612 narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura mendapat remisi umum.


Remisi umum itu diberikan bertepatan dengan momentum hari ulang tahun Kemerdekaan RI.


Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto mengatakan, sebanyak 661 Narapidana yang mendapatkan remisi umum itu yang telah memenuhi syarat formal masa pidana.


"Berdasarkan ketentuan sebagaimana tertuang dalam ketentuan pemberian remisi, Narapidana yang bisa diusulkan mendapatkan remisi yang telah menjalani masa pidana minimal enam bulan," kata Yan Rusmanto kepada TribunMadura.com, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: Tongkat dan Songkok Bung Karno Diburu Politisi Malaysia, Namun Berujung Maut Usai Ritual Dimulai

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com


Selain itu, narapidana tersebut berkelakuan baik atau mentaati aturan selama menjalani pidana di Lapas sesuai dengan hasil penilaian SPPN.


"Sebenarnya, total jumlah narapidana di Lapas Pamekasan ini sebanyak 1.157 orang. Namun, dari jumlah itu yang memenuhi prasyarat untuk diusulkan kepada Kemenkumham RI guna mendapatkan remisi ada 612 orang," urainya.


Menurut Yan, besaran remisi yang diusulkan Lapas Pamekasan antara sebulan hingga enam bulan.


Terdapat dua katagori remisi yang didapat warga binaan, yakni remisi umum pertama dan remisi umum kedua. 


Sementara itu dari total 612 warga binaan yang mendapatkan remisi, sebanyak 596 orang mendapat remisi katagori remisi umum pertama. 


Meliputi 13 orang dapat remisi sebulan, 50 orang remisi 2 bulan, 384 orang remisi 3 bulan, 111 orang remisi 4 bulan, 34 orang remisi 5 bulan dan empat orang remisi 6 bulan. 


Sedangkan kategori remisi umum kedua, rinciannya ada sebanyak 16 orang. 


Meliputi  11 orang remisi 4 bulan dan 5 orang remisi 5 bulan.


Sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam penyerahan SK Remis kepada perwakilan WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan berpesan jangan pernah mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan oleh para WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.


"Saya ucapkan selamat bagi para WBP Lapas Narkotika Pamekasan yang telah mendapat Remisi Umum pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Saya berpesan jangan mengulangi kesalahan yang sama  manfaat ilmu yang telah diberikan oleh Lapas Narkotika Pamekasan melalui program pembinaan yang telah dirancang sedemikian rupa. Sehingga nanti kalian dapat kembali ke masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik lagi," harapnya.


Sementara itu, salah satu Perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan berinisial A.D yang menerima Remisi Hari Kemerdekaan RI ke-77 sebesar 2 bulan merasa senang dan berterima kasih kepada Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto beserta jajaran Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan khususnya Binadik.


"Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Yan Rusmanto dan jajaran khususnya bapak atau ibu di bagian Binadik, untuk pengurusan remisi sangat mudah dan cepat dan tanpa ada pungutan," syukur A.D.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved