Berita Madura

Tiga Pasang Patung di Alun-alun Trunojoyo Sampang Terpasang, Bentuknya Terkesan Hidup

Patung kerapan sapi yang menelan anggaran Rp. 3,3 miliar itu di pasang di atas bangunan konstruksi beton

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Kondisi tiga pasang patung kerapan sapi yang terpasang di Alun-Alun Trunojoyo Sampang, Jalan Wijaya Kusuma, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura, Kamis (6/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama


TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Tiga pasang patung kerapan sapi di Alun-alun Trunojoyo Kabupaten Sampang, Kini mulai terpasang, Kamis (6/10/2022).


Patung kerapan sapi yang menelan anggaran Rp. 3,3 miliar itu di pasang di atas bangunan konstruksi beton sepanjang 65 meter.


Sehingga, patung sapi buatan seniman asal Bali, I Gede Sarantika terlihat gagah, bahkan bentuknya hampir menyerupai dengan sapi aslinya.


Mulai dari bentuk lekuk tubuh, otot, dan posisi tubuhnya, sehingga tampilan patung sapi terkesan hidup.


Kepala Bidang (Kabid) Konservasi dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, Imam Irawan mengatakan, bahwa pemasangan tiga patung kerapan sapi perlu ketelitian ektra untuk bisa dinyatakan rampung sepenuhnya.


Sehingga pemasangan bagian-bagian yang kurang membutuhkan waktu beberapa hari.


"Untuk pemasangannya membutuhkan 3 - 4 hari," ujarnya.


Dengan begitu, sementara ini tiga pasang patung kerapan sapi akan ditutup sampai pada peresmian nanti, karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.


"Harus dijaga karena rawan kerusakan," terangnya.

Baca juga: Mengurangi Angka Pengangguran, Pemkab Sampang Telah Tentukan Jadwal Program Pelatihan Kerja Ke 2


Sementara, salah satu seniman yang terlibat dalam pembuatan patung kerapan sapi, Sugito Sutarmin menyampaikan jika pembuatan patung ini penuh ketelitian sehingga hampir mendekati realistis.


Menurutnya, dimensi atau ketinggian patung tersebut tidak sama karena didesain gerak, ada yang 2 meter dan ada yang lebih maupun kurang.


"Bahan material yang digunakan untuk membuat patung adalah full perunggu, jadi secara kualitas sangat baik," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved