Berita Madura

Camat Talango Sambut Meriah Kedatangan Bupati Achmad Fauzo di Acara Sosialisasi Deteksi Dini PTM

Acara sosialisasi program pencanangan bulan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) ini digelar Dinkes P2 KB Kabupaten Sumenep Madura.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Camat Talango bersama Forpimcam setempat saat menyambut kedatangan Bupati Sumenep Achmad Fauzi di acara sosialisasi deteksi dini PTM di pendopo Kecamatan Talango Sumenep pada Selasa (21/3/2023). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Camat Talango Yudi Nursukmadiyanto menyambut meriah kedatangan Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Pendopo Kecamatan Talango pada Selasa (21/3/2023) pukul 10.47 WIB.

Didampingi Kepala Puskesmas Talango, Danposramil, Kapolsek, Baznas dan Kepala Dinkes P2 KB Sumenep menyambut kehadiran orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep.

Acara sosialisasi program pencanangan bulan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) ini digelar Dinkes P2 KB Kabupaten Sumenep Madura.

Sebelum program kesehatan masyarakat itu dimulai, Achmad Fauzi disambut meriah dengan tari muang sangkal dari SMP Negeri 1 Gapurana Talango dan Group Musik Tong-Tong Tradisional asal pulau poteran yang sangat memukau.

Hadir dalam tersebut, Bupati Achmad Fauzi, Dandim 0827 Sumenep, Kajari Sumenep, 3 anggota DPRD Sumenep yakni dari politisi NasDem Akis Jazuli, politisi PKS Wiwid Harjo Yudanto dan dari politisi PKB Herman Dali Kusuma.

Baca juga: Jelang Puasa Ramadan Tahun 2023, Seorang Pria di Sumenep Ratapi Hidupnya di Penjara Karena Narkoba

Dalam kesempatan itu pula, Achmad Fauzi memberikan santunan pada sejumlah anak yatim asal wilayah Kecamatan Talango Sumenep.

Ditulis sebelumnya, dalam rangka mendeteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengajak semua elemen masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Ajakan itu disampaikan langsung dalam acara Pencanangan Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Talango Sumenep (pulau poteran) pada Selasa (21/3/2023).

PTM ini kata Achmad Fauzi, merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat diseriusi oleh Pemerintah Republik Indonesi saat ini.

Bahkan sesuai data dari WHO 73 persen kematian di Indonesia disebabkan PTM, yakni kurang lebih 1.400.000 kematian/tahun.

Hal ini kata pelopor Reaktivasi Kereta Api  Madura, disebabkan atau dipengaruhi perubahan lingkungan, perilaku masyarakat, gaya hidup, sosial ekonomi dan budaya.

"Penyakit Tidak Menular harus dilakukan pencegahan sedini mungkin yang bisa dilakukan secara mandiri, dengan cara menerapkan pola hidup sehat," tegas Bupati Achmad Fauzi saat berikan sambutan.

Untuk itu lanjutnya, program gerakan deteksi dini Penyakit Tidak Menular ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Ketua DPC PDI Perjuangan ini meminta, harus minum air 2 liter setiap hari, konsumsi sayur dan huah, aktifitas fisik minimal 30 menit per hari dan hindari minuman alkohol.

"Saya berharap dengan program deteksi dini PTM ini akan menjadi salah satu upaya kesehatan Masyarakat yang berorientasi pada tindakan promotif dan preventif," harapnya.

Untuk diketahui, hadir langsung di acara tersebut Camat Talango, Kadinkes P2KB, seluruh Kades Talango, anggota DPRD Sumenep asal Talango dan sejumlah Forpimcam Talango.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved