Berita Pamekasan

Dihack, Akun FB Kepala Kesga dan Gizi Dinkes Pamekasan Disalahgunakan untuk Pinjam Uang Rp 500 Ribu

Akun Facebook (FB) milik Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Bambang Budiyono dihack orang tak dikenal.

Kolase TribunMadura.com/Istimewa
Bukti chat modus minta tolong pinjam uang di FB milik Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Pamekasan, Bambang Budiyono yang dihack orang tak dikenal. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Akun Facebook milik Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Bambang Budiyono dihack orang tak dikenal.

Oleh pelaku, akun Facebook milik Bambang Budiyono digunakan untuk meminjam uang ke sejumlah teman dan keluarganya dengan modus minta tolong melalui chat pesan via FB.

Kepala Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Pamekasan, Bambang Budiyono mengatakan, akun Facebook miliknya diketahui dihack oleh orang tak dikenal sejak Kamis 14 Mei 2020 hari ini sekitar pukul 10.00 WIB.

Update Corona di Sampang Kamis 13 Mei 2020, Bertambah 3 Pasien, Kasus Positif Covid-19 Jadi 4 Orang

Tarif Muncikari Prostitusi Online Surabaya Rp 240 Ribu, Tawarkan Layanan Seks Pakai Aplikasi Mi Chat

Aksinya Terekam CCTV, Pria Surabaya Curi Motor saat Korban Tertidur, Ternyata Residivis Kambuhan

Pelaku atau hacker mulai melancarkan aksi penipuannya dengan modus minta tolong pinjam uang itu sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

"FB saya sekarang sudah saya hapus," kata Bambang Budiyono kepada TribunMadura.com melalui via telepon, Kamis (14/5/2020).

Berkenaan dengan kejadian tersebut, Bambang Budiyono mengimbau kepada masyarakat Pamekasan, rekan kerja dan juga keluarganya agar tidak menanggapi pesan yang dikirimkan oleh akun FB yang mengatasnamakan dirinya.

Mengingat akun tersebut, kata dia, sedang dihack orang tak bertanggungjawab dan akun palsu.

"Kalau ada orang mengatasnamakan Facebook dan Instagram saya dan minta pinjam uang atau minta tolong apapun, harap jangan ditanggapi," pintanya.

PDP Perempuan 46 tahun asal Pamekasan Meninggal Dunia dan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Lebih Waspada, Rumah & Tempat Tinggal Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Malang akan Diberi Tanda

Meski Ada Penerapan PSBB Malang Raya, Salat Idul Fitri Diperbolehkan, Sutiaji: Pakai Protap Covid-19

"Karena FB saya kena Hack atau kena bajak, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," peringatnya.

Bambang Budiyono mengaku, beruntung, sebab sampai detik ini, tidak ada rekan kerja dan keluarganya yang langsung mentransfer uang yang akan dipinjam oleh pelaku sesuai nominal yang diminta.

Bambang Budiyono menjelaskan, hingga malam ini sudah ada sekitar 36 orang yang konfirmasi kepada pihaknya melalui via telepon untuk memastikan apakah dirinya benar ingin meminjam uang sejumlah nominal yang ditulis melalui via chat pesan Facebook.

"Ada sebagian yang telepon ke saya konfirmasi kebenarannya. Untung gak jadi transfer. Nominal yang mau dipinjam si pelaku itu sebesar Rp 500 ribu," tutupnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved