Breaking News:

Virus Corona di Sumenep

Jurnalis Sumenep Dirikan Posko Gotong Royong Lawan Covid-19 untuk Galang Donasi Bagi Warga Terdampak

Jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Sumenep melakukan aksi kemanusiaan dan tanggung jawab untuk berpartisipasi melawan pandemi Covid-19.

TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Jurnalis Sumenep bagikan masker dan sembako pada tukang ojek dan becak di Termilan Arya Wiraraja Sumenep, Rabu (15/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Jurnalis yang tergabung dalamKomunitas Jurnalis Sumenep (KJS) melakukan aksi kemanusiaan dan tanggung jawab untuk berpartisipasi melawan pandemi Covid-19, Rabu (15/4/2020).

Mengingat kebijakan pembatasan sosial (social distancing) akibat pandemi Covid-19 berdampak pada kebutuhan dasar sejumlah buruh harian lepas dan warga miskin kota, khususnya di Kabupaten Sumenep, Madura.

Rasa tanggung jawab kemudian diwujudkan dengan membuka sebuah Posko Gotong Royong Melawan Covid-19, dengan maksud untuk menggalang bantuan serta donasi guna disalurkan kepada masyarakat.

Terlebih pada mereka yang terdampak saat ini.

Fattah Jasin-Hairul Anwar Memakai Songkok Hitam NU hingga Diusulkan PKB Sumenep Sebagai Bacawabup

Warga Perantau yang Baru Datang ke Bangkalan Diimbau Terapkan Isolasi Mandiri Selama 14 Hari

Mulai 15 April 2020 PT KAI Daop 9 Jember Batalkan 5 Perjalanan Kereta Api

"Aksi kali ini bagikan masker, hand sanitizer dan sembako terhadap warga Sumenep yang terdampak covid-19, ini bagian dari kepedulian kami pada merwka kalangan menengah ke bawah," kata Ketua Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) Sumenep, Ahmad Saie, Rabu (15/4/2020).

Kontributor TVRI wilayah Sumenep ini mengatakan, untuk Posko Gotong Royong Melawan Covid-19 resmi dibuka per hari ini di di Jlalan Doktor Cipto Perum Sekar Agung Regency Kav. 46 Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep.

"Pada dasarnya tugas utama jurnalis ialah menjalankan kerja-kerja jurnalistik secara benar, namun kita menyadari yang lebih utama dari itu ialah 'mengabdi' untuk kemanusiaan. Itulah yang mendorong kami membuka posko gotong royong melawan Covid-19," katanya.

Pandemi Covid-19 ini katanya, telah membawa dampak sistemik terhadap kehidupan dan termasuk di sektor ekonomi.

Banyak warga yang mulai membutuhkan uluran tangan akibat penyebaran virus corona yang pertama kali diketahui menyebar di Wuhan, China itu. Kebanyakam diantaranya para abang becak, tukang ojek, serta pekerja harian lainnya yang pendapatannya menurun drastis belakangan ini.

"Di tengah kondisi seperti ini kami ingin berbuat lebih kepada warga Sumenep dari sekadar menjadi garda terdepan dalam menginformasikan Covid-19. Kami juga ingin berbagi dengan mereka yang terdampak sesuai dengan kemampuan yang kami miliki," terangnya.

Anak 8 Tahun di Bangkalan Dinyatakan Positif Corona Setelah Jalani Rapid Test

Tak Terapkan PSBB Meski Ada 9 Positif Covid-19 di Kabupaten Nganjuk, Bupati: Jaga Stabilitas Ekonomi

BREAKING NEWS Pasien Positif Corona di Pamekasan Bertambah 2 Orang, Berasal dari Klaster Asrama Haji

"Kami pastikan setiap donasi yang disampaikan ke Posko Gotong Royong Melawan Covid-19 akan tersalurkan kepada mereka yang memang betul-betul butuh uluran tangan di tengan pandemi seperti sekarang," ucapnya.

Untuk diketahui, Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) merupakan salah satu organisasi profesi jurnalis yang berkedudukan di Kabupaten Sumenep.

Anggota organisasi ini terdiri dari jurnalis lintas media yang bertugas di wilayah kabupaten paling timur Pulau Madura, baik elektronik, cetak maupun online.

Para jurnalis yang tergabung di sini ialah jurnalis TV One, Kompas TV, MNC TV, Trans7, Metro TV, TVRI, JTV, TV9, MaduraTV, RRI, Memorandum, Pojok Kiri, Viva News, Medcom, Liputan6.com, koranmadura.com, penamadura.com, asatoe.net, dan updatejatim.net.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved