Antisipasi Virus Corona di Madura

Water Cannon dan Mobil PMK Dikerahkan untuk Lakukan Penyemprotan Disinfektan Massal di Pamekasan

Polres Pamekasan, Madura kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mobil water cannon, Selasa (31/3/2020).

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Mobil water cannon milik Polres Pamekasan saat menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan KH. Agus Salim Pamekasan dan di area Taman Monumen Arek Lancor Pamekasan, Selasa (31/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Polres Pamekasan, Madura kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan menggunakan mobil water cannon, Selasa (31/3/2020).

Penyemprotan disinfektan dilakukan secara massal dalam rangka pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Polres Pamekasan menyiapkan sebanyak 24.000 liter dan menyasar seluruh fasilitas umum serta jalan raya di Pamekasan.

Di antaranya yakni, seputaran area Taman Monumen Arek Lancor, Pasar 17 Agustus Kelurahan Bugih, Pasar Kolpajung, Terminal Ceguk, Terminal Lama Pamekasan Jalan Stadion dan di sepanjang Jalan Kota Pamekasan, seperti Jl. Kabupaten Jl. Bahagia, Jl. Dirgahayu, Jl. Pintu Gerbang, Jl. Trunojoyo, Jl. Agus Salim dan Jl. Stadion Pamekasan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Diri Sendiri atau Orang Terdekat Positif Terjangkit Virus Corona?

Rekonstruksi Pembunuhan Janda Kaya Tulungagung, Bekap Korban dengan Bantal dan Digulung Kasur Lipat

Surabaya Akan Terapkan Karantina Wilayah, Pemkot Susun SOP hingga Racik Penerapan Teknis di Lapangan

Mobil water cannon milik Polres Pamekasan saat menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan KH. Agus Salim Pamekasan dan di area Taman Monumen Arek Lancor Pamekasan, Selasa (31/3/2020).
Mobil water cannon milik Polres Pamekasan saat menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan KH. Agus Salim Pamekasan dan di area Taman Monumen Arek Lancor Pamekasan, Selasa (31/3/2020). (TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN)

Selain mengunakan satu unit mobil water cannon milik Polres Pamekasan, penyemprotan disinfektan kali ini juga dibantu oleh dua unit mobil Pemadam Kebakaran, tiga unit mobil BPBD, dua unit mobil patwal lantas, satu unit mobil penerangan keliling Satsabhara, satu unit mobil Provos, satu unit mobil logistik, satu mobil RSUD, satu unit mobil Dishub, dan lima unit roda dua kodim 0826 Pamekasan serta alat-alat penyemprotan lainnya.

Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari, melalui Wakapolres Pamekasan, Kompol Moh Asrori Khadafi mengatakan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan pihaknya menindaklanjuti Maklumat Kapolri dan surat telegram yang ditandatangani Wakapolri Nomor ST/1008/III/KES.7/2020 tertanggal 27 Maret 2020 tentang penyemprotan disinfektan secara massal untuk mendukung keselamatan masyarakat.

"Ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Masyarakat jangan terlalu panik, kami bekerja secara maksimal untuk meminimalisir dampak dari Covid-19 ini," kata Kompol Moh Asrori Khadafi kepada sejumlah media.

Selain itu, Kompol Moh Asrori Khadafi mengutarakan, cairan disinfektan yang pihaknya semprotkan ke sejumlah fasilitas umum dan jalan raya kali ini sebanyak 24.000 liter.

“Penyemprotan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona maupun bibit penyakit lainnya,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga menyatakan, penyemprotan cairan disinfektan ini akan terus pihaknya lakukan hingga Pemerintah menyatakan aman dari virus corona.

Antisipasi Corona, Mulai Hari ini Kantor Pelayanan SIM Satlantas Polres Sampang Ditutup Sementara

Dokter di Pamekasan Tega Gugat Cerai Istri Sah Gara-Gara Orang Ketiga, Begini Kronologinya

Gubernur Khofifah Tunggu Arahan Presiden Soal Karantina Wilayah, Berikut Sebaran Zona Merah di Jatim

Upaya penyemprotan ini dilakukan, kata dia demi keselamatan dan kesehatan warga Pamekasan.

"Imbauan kami kepada masyarakat Pamekasan sementara ini tidak menghadiri perkumpulan dan tidak menggelar kumpulan terlebih dahulu," pintanya.

"Objek-objek yang sering bersentuhan dengan masyarakat harus betul-betul steril agar masyarakat tidak perlu panik. Di wilayah hukum polsek-polsek juga dilakukan penyemprotan," pungkasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved